Komite Akreditasi Nasional Lakukan Asesmen ISO/IEC 17025:2017 Pada Laboratorium Terpadu Unsyiah

omite Akreditasi Nasional (KAN) telah melakukan asesmen terhadap Laboratorium Pengujian UPT Laboartorium Terpadu Universitas Syiah Kuala. Asesmen dilakukan dalam rangka survailen pemenuhan standar ISO/IEC 17025:2017 selama 2 hari penuh, tanggal 1-2 Maret 2019. Tim asesor terdiri dari 2 orang, yaitu Ibu Lena Anggreini (Asesor Kepala) dan Ibu Nur Aini (Asesor).

Pimpinan Unsyiah, Kepala UPT Lab Terpadu dan seluruh personil laboratorium dibawah menyambut baik pelaksanaan asesmen ini, karena hal tersebut sudah merupakan suatu keharusan dan kebutuhan untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem manajemen dan penjaminan sistem mutu. Dua laboratorium, pada tahap awal ini yang divisitasi, yaitu Laboratorium Geoteknik dan Laboratoium Konstruksi dan Bahan Bangunan (LKBB) sedang dalam proses akrditasi terstandar ISO/IEC 17025 : 2017.

Harapannya, setelah rintisan oleh kedua laboratoirum tersebut, akan dikembangkan pada laboratirum-laboratorium lainnya yang ada lingkungan Unsyiah dibawah koordinasi UPT Lab Terpadu. Hal ini juga didukung oleh Pimpinan Unsyiah dan Para Asesor yang melakukan visitasi yang menyatakan bahwa Unsyiah terus berkomitmen terhadap peningkatan sistem mutu dengan mengimplementasikan ISO/IEC 17025: 2017 sesuai dengan pernyataan kesesuaian yang telah disusun. Terhadap beberapa ketidaksesuaian yang ditemukan minor akan menjadi tantangan untuk terus melakukan pembelajaran dan peningkatan.

Untuk tahun 2019 ini, UPT Lab Terpadu mentargetkan akan menambahkan perluasan cakupan sebanyak 3 pengujian terhadap 3 laboratorium. Semoga UPT Laboratoiurm Terpadu Unysiah akan selalu berkomitmen menerapkan ISO/IEC 17025:2017 secara konsisten, berkelanjutan, dan berkesinambungan.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya