GIS dan Remote Sensing

Divisi GIS dan Remote Sensing


Laboratorium Sistem Informasi Geografis dan Data Spasial (SIGDS) merupakan satu dari lima Laboratorium di bawah Jurusan Informatika. Lab. SIGDS memiliki tugas dan fungsinya untuk mendukung proses pengajaran, praktikum, bimbingan dan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Unsyiah. Lab. SIGDS memiliki peralatan SIG terlengkap di Unsyiah sekaligus sebagai penyedia data geospasial dalam mendukung pembangunan Aceh dan proses tridarma perguruan tinggi (pengajaran/praktikum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat).

Lab. SIGDS juga ditunjuk sebagai suatu Pusat Pengembangan Geographic Information System and Remote Sensing (PPGISRS) di bawah Laboratorium Terpadu Unsyiah. PPGISRS memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan layanan SIG di lingkungan Unsyiah, Kabupaten/Kota dan Provinsi Aceh. PPGISRS juga berkolaborasi dengan lembaga nasional dan internasional sebagai mitra kerjasama dalam melakukan survey dan pemetaan serta penelitian.

Lab. SIGDS juga telah dipilih sebagai Pusat Pengambangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) Jakarta. PPIDS Unsyiah adalah salah satu dari 8 PPIDS (Unsyiah, UNP Padang, UI, IPB, ITB, ITS, Universitas Mulawarman) di seluruh Indonesia. PPIDS Unsyiah merupakan perwakilan BIG di daerah sebagai pusat pengelolaan dan penyebaran informasi geografis untuk daerah Sumatera bagian Utara, untuk itu dilakukan pengembangan Geoportal Layanan Informasi Geospasial unt uk memudahkan dalam mengakses data. Tugas utama PPIDS Unsyiah bekerjasama dengan Unit Pelayana Teknis Badan - Pusat Data Geospasial Aceh (UPTB-PDGA) Bappeda Aceh adalah untuk mengelola, mensosialisasikan dan mendesiminasikan data dan informasi geospasisl Aceh dan Nasional, Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional dan INA Geoportal yaitu sebuah portal SIG yang dikembangkan oleh BIG. Pengembangan berkelanjutan Lab. SIGDS Jurusan Informatika FMIPA Unsyiah ini sangat penting, mengingat Lab. SIGDS adalah Laboratorium untuk mendukung tridarma perguruan tinggi di lingkungan Unsyiah, PPGISRS Laboratorium Terpadu Unsyiah dan PPIDS dari BIG. Saat ini Unsyiah sudah menandatangani MoU dengan Environmental System Research Institute (ESRI) Indonesia, di mana dalam kerjasama ini Unsyiah akan mendapatkan grand license untuk seluruh software produk ESRI.

Bagikan halaman ini